0

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Jumat, 03 Desember 2010
1.PENGERTIAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
a. Belajar.
Ø  Menurut Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman.
Ø  Menurut Gagne dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat berbagai unsur yang saling terkait sehingga menghasilkan perubahan perilaku.
Ø  Sedangkan menurut Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skills, and attitude. Kemampuan (competencies), keterampilan (skills), dan sikap (attitude) tersebut diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat.
Ciri-ciri belajar adalah :
·         Belajar harus memungkinkan terjadinya perubahan perilaku pada diri individu. Perubahan tersebut tidak hanya pada aspek pengethauan atau kognitif saja tetapi juga meliputi aspek sikap dan nilai (afektif) serta keterampilan (psikomotor).
·         perubahan itu merupakan buah dari pengalaman. Perubahan perilaku yang terjadi pada individu karena adanya interaksi antara dirinya dengan lingkungan . interaksi ini dapat berupa interaksi fisik dan psikis.
·         perubahan itu merupakan buah dari pengalaman..
b. Pembelajaran
Ø  Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.
Ø  Menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.
Ciri utama dari pembelajaran adalah: inisiasi, fasilitasi, dan peningkatan proses belajar siswa.Sedangkan komponen-komponen dalam pembelajaran adalah tujuan, materi, kegiatan, dan evaluasi pembelajaran.

2. MANFAAT  BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Manfaat belajar dan pembelajaran bertujuan untuk suatu deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsung pembelajaran.
o   Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu.
v  Nana Syaodih Sukmadinata (2002) mengidentifikasikan ada 4 manfaat dari tujuan pembelajaran yaitu:
·          memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara  lebih mandiri.
·         memudahkan guru memilih dan menyusun bahan.
·         membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran
·         memudahkan guru mengadakan penilaian.
3.APA YANG DIBAHAS DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
v  Metode Pembelajaran Strategi Pengorganisasian Pembelajaran
ü  Ceramah
ü  Demontrasi
ü  Diskusi
ü  Simulasi
v  Metode Pembelajaran Strategi Penyampaian Strategi Pengelolaan
ü  Strategi penyampaian:
·         Media pembelajaran:Komponen strategi penyampaian yang dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada si belajar.
·         Interaksi si belajar dengan media:Komponen strategi penyampaian pembelajaran yang mengacu pada kegiatan apa yang dilakukan oleh si belajar dan bagaiman peranan media dalam merangsang kegiatan belajar itu.
·         Bentuk belajar mengajar: Komponen strategi penyampaian pembelajaran yang mengacu pada apakah siswa belajar pada kelompok besar,kelompok kecil,perseoranga, atau mandiri.
ü  Strategi pengelolaan:
·         penjadualan pembuatan strategi pembelajaran:Mengacu kepada kapan dan berapakali suatu strategi pembelajaran atau komponen suatu strategi pembelajaran dipakai dalam suatu situasi pembelajaran.
·         Pengelolahan motivasional:Mengacu pada cara-cara yang dipakai untuk meningkatkan motivasi belajar si belajar.
·         kontrol Belajar:Mengacu pada kebebasan si belajar dalam melakukan pilihan tindakan belajar.

v  Hasil Pembelajaran
Ø  Keefektifan belajar sbb.
1)      Kecermatan pengusaha perilaku
2)      Kecepatan untuk kerja
3)      Kesesuaian dengan prosedur
4)      Kuantitas untuk kerja
5)      Kualitas hasil akhir
6)      Tingkat alih belajar
7)      Tingkat retensi
Ø  Efesiensi pembelajaran
Ø  Daya tarik.

0 komentar:

Posting Komentar